Kunjungan Mahasiswa Universitas Hasanuddin Pelajari Proses Administrasi Pemerintahan Surabaya

By Admin

nusakini.com--Berbagai inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali mendapat apresiasi. Kali ini giliran mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan berkunjung ke Surabaya, Senin (22/5). Rombongan diterima di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika.  

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah sebagai studi praktis ke kota-kota yang telah berhasil menjalankan pemerintahannya sekaligus berprestasi. Selain mempelajari berbagai inovasi dibidang e-Goverment yang dilakukan pemerintah kota, Rombongan yang berjumlah 34 orang tersebut juga mempelajari Proses administrasi pemerintahan yang di Kota Surabaya. 

Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menjelaskan aplikasi yang ada di dalam E-Goverment. Antiek menjelaskan, terkait proses perizinan, masyarakat bisa mengakses langsung melalui Surabaya Single Window di ssw.surabaya.go.id. Melalui aplikasi tersebut segala perijinan bisa diakses dengan mudah dimana saja.  

Masyarakat juga bisa memonitor sendiri sampai di mana progres perizinannya. Dicontohkan Antiek, transparansi dalam pelayanan perizinan itu seperti pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) ataupun Tanda Daftar Perusahaan (TDP) 

Sebagai kota yang telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahannya, semua layanan sudah berbasis online. Warga tidak perlu repot dalam mengurus layanan pemerintah, cukup diakses melalui smartphone maupun eKios, warga dapat mengurus layanan pemkot secara mudah dan cepat. (p/ab)